7 Cara memilih sayuran yang sehat untuk keluarga
7 Cara memilih sayuran yang sehat untuk keluarga

7 Cara memilih sayuran yang sehat untuk keluarga

Posted on

7 Cara memilih sayuran yang sehat untuk keluarga – Sayuran sangat penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan imun tubuh. Namun, tidak semua sayuran yang beredar memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara memilah sayuran yang baik dan juga masih segar. Setiap buah atau sayuran memiliki tanda tersendiri yang menentukan kadar kesegarannya.

Cara termudah dalam memilih sayuran yang masih bagus adalah dengan melihat fisik meliputi warna, dan tingkat kesegarannnya. Lalu, apa saja tips dalam memilah sayuran yang baik itu? Apa ciri-ciri sayuran yang masih segar dan yang tidak? Bagaimana agar tidak tertipu oleh penjual yang nakal, yang menjual sayuran segar ternyata layu?

Jangan khawatir, kamu bisa memperoleh sayuran terbaik dengan menerapkan beberapa tips dan trik memilih sayuran. Tips ini menjadi panduan agar kamu mendapatkan sayuran yang segar dan baik untuk konsumsi.

Terkhusus untuk ibu-ibu rumah tangga yang harus menjaga kesehatan diri dan keluarga, berikut ini adalah informasi yang wajib dipahami:

7 Cara memilih sayuran yang sehat untuk keluarga

1. Memperhatikan warna dari sayuran itu

Apa yang kamu perhatikan ketika pertama kali memilih sayur yang menurut kamu itu bagus? Tentu warna dan fisik dari sayuran itu kan? Kamu dapat memilih sayuran yang tentunya baik dari warna dan fisik. Sayuran yang masih segar umumnya memiliki warna yang agak cerah. Jadi jika kamu memilih sayuran yang sudah berubah warna kepucatan dan tidak lagi cerah layaknya sayuran pertama kali dipetik, bertanda sayuran tersebut sudah tidak segar lagi.

Warna yang sudah memudar menandakan jika kandungan vitamin dan juga nutrisi sayuran sudah memudar atau berkurang. Kamu dapat melihat perubahan warna tersebut pada warna-warna sayuran yang memiliki warna mencolok seperti sayuran wortel dan kentang. Apabila sayuran tersebut masih segar maka warna sayuran tersebut adalah hijau pada pangkalnya. Selain itu, perubahan warna dan kandungan sayur juga tergantung pada daunnya.

2. Pilih sayuran yang tidak layu

Cara berikutnya yang ampuh adalah dengan membedakan sayuran berdaun yang baik dan yang tidak. Apa saja sayuran yang memiliki daun yang kamu ketahui? Tentu kamu menjawab dengan mudah dan menyebut sayuran seperti kangkung, bayam, dan masih banyak lagi.

Contoh sayuran tersebut dasarnya adalah keras dan masih memiliki warna yang segar. Sebaliknya apabila sayur itu mempunyai ciri-ciri layu dan berubah warna maka sudah pasti jika sayuran itu mengalami penurunan kualitas.

3. Pilih sayuran bebas pestisida

Sayuran yang memiliki bentuk utuh dan juga mulus bukan satu-satunya ciri yang menandakan jika sayuran itu baik untuk dikonsumsi. Sebagaimana yang kita ketahui secara umumnya sayuran pasti memiliki ulat kecil yang sesekali memakan helai daun sayur. Tapi tahukah kamu ternyata sayuran yang memiliki ulat adalah yang baik untuk dikonsumsi mengapa demikian?

Sayuran yang terdapat ulat bisa sebagai pertanda jika sebenarnya sayuran tersebut adalah bebas dari bahan kimia atau pestisida. Jika kamu harus lebih bijak dalam memilih sayuran yang terlihat sempurna atau utuh dengan yang tidak utuh, ciri lain dengan sayuran yang memiliki pestisida adalah terdapat bercak putih di bagian permukaan daunnya.

4. Sayuran tidak keriput

Sayuran yang tidak keriput adalah salah satu ciri sayuran yang baik untuk dimakan, seperti wortel, bawang atau kelompok umbi-umbian. Jika kamu menemukan sayuran dengan ciri kriput, berlubang dan tidak keras (lembek), maka sebaiknya hindari untuk membelinya. Sebaliknya jenis sayuran umbi-umbian yang memiliki tekstur keras dan aroma segar adalah ciri sayuran yang sehat.

5. Pilih sayuran belum dibersihkan

Tidak banyak orang yang mengetahui jika sayuran yang belum dibersihkan adalah ciri yang menunjukkan jika sayuran tersebut masih segar atau sudah busuk, tidak hanya itu jika memilih sayuran yang belum dibersihkan terdapat kandungan air yang ada dalam sayur yang masih terjaga kelembabannya, maka dari itu pilihlah sayur yang masih berakar dan belum dicuci oleh pedagang nya.

6. Belanja sayuran ketika pagi hari

Pada umumnya sayuran yang peroleh pada pagi hari menunjukkan sayuran yang masih segar dan lengkap, belum adanya campur tangan orang lain. Meskipun mengorbankan tidur. Kamu dapat memperoleh sayuran dengan kualitas yang baik.

Selain itu sebagai tips tambahan dari penulis cobalah untuk belanja sayur pada pasar petani secara langsung karena cenderung lebih layak dan cerdas secara finansial, karena pasar petani memiliki harga yang terjangkau dan terjamin kesegarannya.

7. Memilih sayuran organik

Sayuran organik adalah sayuran yang bebas dari kandungan bahan kimia seperti peptisida, dengan mengkonsumsi sayuran organik sudah dipastikan menyehatkan dan menjaga kesehatan tubuh keluarga. Cara memperoleh sayuran organik, biasanya secara langsung mengunjungi petani atau pasar tradisional, sedangkan jika memperoleh di supermarket biasanya memiliki segel atau stiker bertuliskan organik dan memiliki sertifikat yang layak untuk dikonsumsi.

Uraian tersebut adalah informasi mengenai cara memilih sayuran yang baik untuk konsumsi, dengan menjaga hal ini sangat penting untuk menunjang kesehatan diri anda dan keluarga. Dengan memilih sayuran yang segar maka terdapat nutrisi dan kandungan lainnya yang siap menyusun kesehatan tubuh. Dan perlu pahami jangan hanya berpatokan terhadap sayuran yang murah namun memiliki kualitas layu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *